Simulasi Proses dan Pengendalian Proses Menggunakan MATLAB

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 005.11 SLA s
ISBN/ISSN 9786230253812
Author(s) Slamet Yulistiono
Subject(s) Matlab
Classification 005.11
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Deeppublish (CV Budi utama)
Publishing Year 2022
Publishing Place Yogyakarta
Collation 29cm;viii;119hal
Abstract/Notes Pengendalian proses otomatis adalah usaha yang sistematis dalam mengatur variabel proses supaya memiliki nilai sesuai dengan yang diinginkan. Variabel proses tersebut bisa jadi adalah suhu, laju alir, tekanan, komposisi dan lain sebagainya. Seperti yang akan dilihat nanti, proses merupakan kejadian yang dinamis dan alami yang dapat berubah setiap saat. Jika perubahan tersebut tidak ditangani secara benar, maka beberapa hal penting berkaitan dengan keamanan, kualitas produk, kecepatan produksi akan dapat terpengaruh.

Proses pada industri adalah susunan/rangkaian berbagai unit operasi yang terintegrasi satu dengan yang lain dan terjadi gerakan material antar unit operasi secara sistematik dan rasional. Tujuan dari pengoperasian unit-unit operasi secara keseluruhan adalah untuk mengubah (mengkonversi) bahan baku tertentu (input feedstock) menjadi produk yang diinginkan. Pengendalian proses pada dasarnya adalah usaha untuk mencapai tujuan agar proses berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Buku ajar ini berisi tentang konsep-konsep dasar pada pengendalian proses yang dipadukan dengan gambar-gambar simulasi tentang respons proses dan pengendalian proses yang dibuat melalui bantuan bahasa pemrograman MATLAB. Pada buku ajar ini dibahas konsep-konsep dasar dalam pengendalian proses seperti jenis variabel, diagram blok, transformasi Laplace, fungsi transfer, variabel penyimpangan, linearisasi sistem, karakteristik sistem proses, sistem pengendalian, dan penanganan gangguan. Selain itu juga dibahas ekspresi-ekspresi MATLAB yang berguna untuk membuat program simulasi berkaitan dengan respons proses dan pengendalian proses. Terakhir dibahas juga metode-metode optimasi penentuan nilai parameter PID-feedback controller. Setiap bab disisipkan latihan, yang mana sebagian besar sudah ada jawaban pembahasannya.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous