Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) Tahun 1969

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 959.8 IRK p
ISBN/ISSN 9786027846609
Author(s) Irkham Santoso
Subject(s) Pepera
Classification 959.8
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher dinas sejarah TNI AD
Publishing Year 2022
Publishing Place Bandung
Collation 23cm;vii;320hal
Abstract/Notes Pepera merupakan puncak permasalahan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda. Sebagai bangsa yang berdaulat, Indonesia telah melakukan berbagai macam cara untuk menyelesaikan masalah Papua agar dapat kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Pengorbanan yang telah disumbangkan ileh rakyat Indonesia baik jiwa, raga dan harta akhirnya menuai hasil yang memuaskan setelah Papua pulang ke tanah air NKRI.

Proses panjang dalam menyelesaikan masalah Papua ini telah menguras tenaga dan fikiran para tokoh militer maupun politik. Bersatunya dua komponen bangsa yang berjuang dengan cara militer maupun diplomatis ini merupakan kolaborasi yang sangat kuat dalam menyelesaikan masalah Papua.

Bagi rakyat Papua bergabung kedalam NKRI sudah menjadi harga mati karena rakyat Papua sendiri yagn telah menentukan melalui Pepera. Walaupun berbagai rintangan dalam proses bergabungnya Papua kedalam bingkai NKRI tetapi bangsa Indonesia merasa puas atas keberhasilan ini sehingga patut disyukuri keberhasilan ini dan semoga rakyat Papua tetap pada tujuan semula dalam bergabung dengan masyarakat lain di Indonesia demi pembangunan dan untuk menata daerahnya.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous