Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan wilayah

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 307.14 BAM m
ISBN/ISSN 978-979-456-470-7
Author(s) Bambang Susantono
Subject(s) Pembangunan Daerah
Classification 307.14
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher UI Press
Publishing Year 2012
Publishing Place Jakarta
Collation 25cm;xii;254hal
Abstract/Notes Untuk merencanakan pengembangan suatu wilayah secara holistik diperlukan suatu proses perencanaan yang lintas dan multi sektor. Proses perencanaan pembangunan yang hanya bersifat sektoral, tanpa memperhatikan sektor lainya, akan lebih cenderung berkonsentrasi pada satu isu maupun masalah tertentu. Bila kemudian pengembangan sektoral dilaksanakan dalam skala yang luas, akan saling tumpang tindih antara satu proyek pengembangan dengan proyek yang lain. Bahkan dalam kondisi yang ekstrem, pengembangan yang sifatnya sektoral bisa memicu konflik lantaran antara satu sektor dengan sektor yang lain memiliki pendapat bahwa merekalah yang mendapat prioritas. Tidak mau mengalah, sehingga yang muncul adalah situasi yang kontraproduktif kaena antara satu kebijakan dengan kebijakan yang lain tidak memiliki koordinasi.

Dengan meencanakan pembangunan melalui pendekatan wilayah secara terintegrasi maka perencanaan, Pelaksanaan, hingga operasi dan pemeliharaan akan dapat dikerjakan dengan lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan. Koordinasi antara satu pihak dengan pihak yang lain menjadi hal yang sangat penting mengingat pengembangan wilayah memerlukan sinergi yang kuat, dan tidak terpaku pada masalah yang sifatnya sektoral. Dengan pendekatan ini diharapkan bisa dihasilkan pola pembangunan yang sesuai dengan karakteristik masing-masingwilayah.

Buku ini memuat sejumlah teori yang disertai dengan pengalaman praktis dalam suatu proses perencanaan pengembangan wilayah dan pembangunan infrastrukturnya. Perpaduan antara pendekatan sektoral infrastruktur, dan kerangka spasial pengembangan wilayah akan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi regional suatu daerah.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous