Si vis pacem para bellum :membangun pertahanan negara yang modern dan aktif dan efektif

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 355.409 598 SAY s
ISBN/ISSN 978-979-3791-42-5
Author(s) Sayidiman Suryohadiprojo
Subject(s) Militer
Classification 355.409 598
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher PT.Intermasa
Publishing Year 2010
Publishing Place Jakarta
Collation xiii, 557 hlm.: 15 x 23 cm
Abstract/Notes Si Vis Pacem Para Bellum merupakan moto terkenal, khususnya di dunia militer, yang berasal dari sebuah pepatah latin lama yang berarti " siapa yang menginginkan perdamaian, maka bersiaplah untuk berperang" meski tidak pernah sepi dari perdebatan lataran maknanya itu, dalam kenyataanya moto ini tidak pelak tetap mempengaruhi banyak bangsa di dunia untuk senantiasa memberi perhatian besar terhadap masalah pertahanan negara. Pasalnya sebagai salah satu unsur sistem keamanan nasional, pertahanan negara berperan memberi jaminan bagi teatap tegaknya kemerdekaan dan kedaulatan suatu negara.

Upaya membangun perrtahanan negara sedini dan semaksimal mungkin akan mampu melahirkan efek daya gentar yang signifikan sehingga bangsa-bangsa lain akan segan dan berpikir ulang untuk sekedar melakukan provokasi atau malahan mengajak berperang, kecuali bila justru ingin mengalami kehancuran sendiri. Fakta menunjukan bangsa yang paling sedikit mengalami gangguan kedaulatan serta kepentinganya hanyalah bangsa yang memiliki pertahanan negara yang kuat, modern, dan efektif.

Buku ini mengetengahkan pembahasan bagaimana sepatutnya bangsa Indonesia mewujudkan penyelenggaraan pertahanan negara yang kuat , modern, dan efektif tersebut. Penulis yang memiliki pengalaman panjang dalam penugasan militer dan diplomasi, mendasari gagasanya pada prinsip-prinsip yang berkembang sebagai hasil empiris sejarah serta pengalaman bangsa-bangsa lainya di dunia, baik dari sudut perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya teknologi pertahanan, maupun pemikiran bidang pertahanan. Masyarakat luas yang tertarik pada masalah-masalah atau menjalankan fungsi-fungsi pertahanan negara pantas membaca buku menarik ini, selain tentunya kalangan militer, politisi, dan akademisi.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous