Filsafat Ilmu dan Filsafat Hukum

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 101 ALV f
ISBN/ISSN 9786232185647
Author(s) Alvi Syahrin
Subject(s) filsafat
Classification 101
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Kencana
Publishing Year 2020
Publishing Place Jakarta
Collation 22cm;x;262hal
Abstract/Notes Filsafat ilmu dalam struktur bangunan keilmuan merupakan landasan filosofis bagi tegaknya suatu ilmu. Filsafat ilmu banyak menawarkan pola pikir dengan memperhatikan objek dan subjek ilmu, termasuk pola pikir logika sebagai bagian inheren di dalamnya. Bahkan filsafat ilmu merupakan instrumen dalam proses penggalian suatu ilmu, sekaligus memberikan kerangka pada rangkaian kegiatan keilmuan. Demikian signifikansi filsafat ilmu dalam konteks pengembangan keilmuan.

Filsafat hukum merupakan perenungan dan perumusan nilai-nilai yang juga mencakup penyerasian nilai nilai, misalnya penyelesaian antara ketertiban dan ketentraman, antara kebendaan dan keakhlakan, dan antara kelanggengan atau konservatisme dan pembaruan. Sebagai bagian dari cabang filsafat yang membicarakan apa hakikat hukum itu, apa tujuanya, mengapa dia ada, dan mengapa orang harus tunduk kepada hukum. Filsafat hukum menjawab pertanyaan masalah-masalah umum yang bersifat abstrak dan juga konkret mengenai hubungan antara hukum dan moral (etika) dan masalah keabsahan berbagai lembaga hukum.

Kehadiran buku ini merupakan suatu pengantar guna memperkaya khazanah ilmu pengetahuan tentang filsafat ilmu dan filsafat hukum, serta pemahaman bahwa hukum merupakan bagian dari sistem aturan yang melekat dalam kehidupan manusia. Buku ini memberikan penjelasan mengenai filsafat, filsafat ilmu, Hakikat, Sumber, dan jenis pengetahuan , FilsafatHukum, Pandangan tentang hubungan antara filsafat dan filsafat hukum, Beberapa aliran dalam filsafat hukum, fungsi dan efektivitas hukum dalam masyarakat, dan filsafat hukum Indonesia.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous