RAkyat Sejahtera Negara Kuat Mewujudkan Cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 320.9598 SUR r
ISBN/ISSN 9789793791289
Author(s) Suryohadiprojo,Sayidiman
Subject(s) Situasi dan Kondisi Politik Indonesia
Classification 320.9598
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Pustaka Intermasa
Publishing Year 2007
Publishing Place Jakarta
Collation 23cm;413hal
Abstract/Notes Negara Republik Indonesia didirikan dengan sebuah mimpi besar, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang bersatu, berdaulat, demokratis, adil, dan sejahtera lahir batin berdasarkan pancasila. Pada kenyataanya, selewat lebih dari setengah abad usianya, hal itu bukan saja belum berhasil diwujudkan, nmelainkan Indonesia justru kini mengalami keterpurukan dihampiur segala sektor kehidupan. Padahal, negeri ini memiliki kekayaan alam dan budaya, letak geografis yang strategis, serta jumlah penduduk yang besar.

Kita harus mampu secepatnya membalikan keadaan yang telah membuat rakyat semakin hidup menderita bila tidak ingin semakin terpuruk dan tertinggal dari bangsa lain. Untuk itu, sikap berkeluh-kesah, mencari-cari kesalahan, dan sisnisme, yang banyak berkembang selama ini, mesti digantikan oleh kerja keras dan kesungguhan tekad. Artinya, perlu dikembangkan sikap optimis di kalangan warga bangsa, sebagaimana ditunjukan Sayidiman Suryohadiprojo dalam karya teranyarnya ini.

Buku ini berisi perasaan dan pikiranya terhadap situasi Tanah Air yang memprihatinkan tersebut serta menggagas bagaimana strategi yang tepat agar Indonesia dapat bangkit dari keterpurukan sehingga menjadi negara kuat yang dihormati dan disegani di dunia. Uraian dalam buku ini disajikan secara luas, mendalam, dan analitis atas berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Penulis berpandangan, capaian dari strategi itu pada akhirnya berorientasi untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Dengan demikian, negara akan kuat lantaran rakyatnya sejahtera.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous