Serangan umum 1 Maret 1949 : dalam kaleidoskop sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 355.02 BAT s
ISBN/ISSN 978-979-1283-94-6
Author(s) Batara R. Hutagalung
Subject(s) Militer
Classification 355.02
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher LKiS
Publishing Year 2012
Publishing Place Yogyakarta
Collation xxviii, 716 hlm. : ilus. ; 23 cm.
Abstract/Notes "Buku ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya, ditulis dengan gaya bahasa sederhana sehingga mudah dipahami. Pemaparan fakta sejarahnya didukung oleh sumber lisan dan tulisan yang memadai. Uraiannya telah membuktikan bahwa peristiwa sejarah terjadi karena serangkaian sebab dan akibat. Perlu dibaca oleh para guru sejarah untuk tambahan wawasan dalam menjelaskan peristiwa demi peristiwa kepada siswa agar sebagai generasi muda, mereka benar-benar belajar dari sejarah bangsanya yang didasarkan pada kebenaran-kebenaran, dan bukan kepada pembenaran." (Dra. Ratna Hapsari, ., Guru Sejarah, Ketua Umum Asosiasi Guru Sejarah Indonesia [AGSI])

"Sungguh sebuah buku sejarah perjuangan dari bangsa Indonesia yang lengkap dan lugas, tanpa tekanan dari penguasa, karena ditulis di masa reformasi, bukan hanya oleh pengamat sejarah, melainkan oleh keluarga pelaku sejarah, sehingga kita bisa merasakan jiwa (ruh) pejuang di saat itu untuk direvitalisasi." (Ir. Sarjono Kartosuwirjo, putra S.M. Kartosuwirjo)

"Dahsyat dan mengharukan, buku ini mampu menggugah kesadaran kolektif kita dan bahkan memompa spirit nasionalisme kita untuk selalu sadar jangan sampai sudah 'merdeka', tetapi tidak berdaya dan terpasung oleh mental inlander yang selalu minder dengan segelintir bangsa-bangsa asing yang masih bermental penjajah dan serakah. Salut dan bangga atas prestasi penulis yang mampu merekam dan memberi makna atas jejak rekam perjalanan bangsa Indonesia menggapai cita-cita Proklamasravo!." (Amb. Prof. Dr. Bachtiar Aly, Ketua Dewan Guru Besar FISIP UI)
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous