Arkeologi sejarah-pemikiran Arab-Islam Volume 1

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 297.99 ADO aI
ISBN/ISSN 9789791283182
Author(s) Adonis
Subject(s) arkeologi islam
Classification 297.99
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher LKiS
Publishing Year 2007
Publishing Place Yogyakarta
Collation 23cm;xc;404hal
Abstract/Notes Pertentangan dan pertarungan antara pihak-pihak yang menghendaki kemapanan (ats-tsabit) dan pihak yang menghendaki perubahan (aJ-mutahawwil) yang terjadi dalam sejarah - pemikiran Arab-Islam tidak bersifat dialektis, tetapi kontradiktif sehingga sering melahirkan represi dan tragedi, yang karenanya sisi ats-tsabit lebih mendominasi sisi al-mutahawwil clan ia menghancurkan segala upaya yang dilakukan oleh kecenderungan (gerakan) kreatif.

Konsekuensinya adalah dipenuaklumkannya kesatuan antara bahasa dengan agama, puisi dengan moral, serta tradisi sastra dengan tradisi agama. Dan, orang Arab akhirnya sampai pada perasaan bahwa bahasa, agama, dan eksistensi nasionalisme mereka meaipakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Dalam pertarungan tersebut, kemenangan memang berada di pihak yang memegang imitasi (itdba) dan mendukung kemapanan (ats-tsabit). Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa agama secara substansial adalah ittiba'dan tsubut, mengingat adanya kecenderungan yang lain, yaitii kecenderungan berubah (tahawwiil) dan kreatif (ibda).
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous