Perjuangan Laskar Hizbullah Dalam Pertempuran Surabaya 10 November 1945

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 297.62 SUR p
ISBN/ISSN 9786021634219
Author(s) Suratmin
Subject(s) Perjuangan
Classification 297.62
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Matapadi Presindo
Publishing Year 2017
Publishing Place Yogyakarta
Collation 19cm;x;144hal
Abstract/Notes Perjuangan Laskar Hizbullah : Dalam Pertempuran Surabaya 10 November 1945

Laskar Hizbullah, kelompok pejuang yang terdiri dari pemuda-pemuda Islam dan para santri pondok pesantren telah memiliki andil besar dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945-1949, khususnya dalam pertempuran di Surabaya tanggal 10 Nopember 1945. Namun perjuangannya yang begitu besar itu, belum tergoreskan dalam lembaran sejarah.

Terbentuknya Laskar Hizbullah merupakan keberhasilan perjuangan umat Islam dan Bangsa Indonesia pada umumnya dalam upaya menyiapkan kader-kader bangsa yang tangguh, berdedikasi tinggi serta pantang menyerah dalam menghadapi musuh yang ingin menjajah bangsa Indonesia. Laskar Hizbullah telah tampil dalam panggung perjuangan dengan tindakan nyata melawan kaum penjajah. Dengan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme yang tinggi Laskar Hizbullah telah memainkan perannya.

Perannya dalam pertempuran di Surabaya 10 Nopember 1945 menjadi bukti sejarah, bahwa Laskar Hizbullah merupakan pejuang yang handal, mereka lebih baik mati daripada dijajah bangsa asing. Semangat juang yang tinggi itu atas dorongan para kyai dan ulama. Oleh karena itu dalam pertempuran 10 Nopember 1945 kyai dan ulama juga telah memainkan perannya di tengah-tengah pejuang kita. Akhirnya, walaupun dengan persenjataan yang sangat terbatas, para Laskar Hizbullah bersama rakyat dan pejuang lainnya berani bertempur melawan musuh yang bersenjata lengkap dan modern. Semangat juang yang begitu tinggi dari para pejuang kita itulah yang tidak diperhitungkan musuh.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous