L.N. Palar Diplomat Legendaris Indonesia

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 920 JUD l
ISBN/ISSN 9786021634363
Author(s) Judie J Turambi
Subject(s) Biografi
Classification 920
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Matapadi Presindo
Publishing Year 2019
Publishing Place Yogyakarta
Collation 21cm;xliv;260hal
Abstract/Notes Peran Diplomatik yang dijalankan Palar secara nyata mempengaruhi persepsi dunia terhadap hubungan Indonesia-Belanda. Dengan meyakinkan, ia menyebut bahwa kelakuan Belanda terhadap Indonesia adalah Pearl Harbour jilid dua. Pendapat ini diterima oleh semua yang hadir di sidang Dewan Keamanan PBB. Amerika Serikat pun menyatakan bakal mencabut bantuan Marshall Plan bagi Belanda.

L.N. Palar berhasil membuat myka Belanda babak belur di depan dunia internasional. Manuver loby yang dilakukannya sangat mengesankan. Kalau Haji Agus Salim berhasil membuka mata Timur Tengah untuk melihat kemerdekaan Indonesia sebagai sesuatu yang hak, maka Palar pun membuka mata yang berusaha ditutup oleh Belanda di Barat.

Sebagai seorang anak ia telah mengharumkan nama kampung asalnya. Sebagai diplomat ia telah mengharumkan nama Indonesia. Dan sebagai seorang demokrat, azas perjuangannya jelas, yaitu sama dengan yang tertulis dalam pembukaan UUD 45. Bahwa tida boleh ada bangsa yang menjajah bangsa lain. Karena kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Langkah dan sikapnya adalah teladan penting bagi semua diplomat ataupun politisi di dunia.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous