Gajah Mada : Sistem Politik dan Kepemimpinan

Collection Location perpustakaan akmil
Edition Cetakan kedua
Call Number 320 ENU g
ISBN/ISSN 9786237586524
Author(s) Enung Nurhayati
Subject(s) literatur
Classification 320
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Narasi
Publishing Year 2020
Publishing Place Yogyakarta
Collation 23cm;x;298hal
Abstract/Notes Siapa tak kenal Gajah Mada. Citra sosoknya yang agung dikisahkan dalam berbagai serat dan lukisan. Nama Gajah Mada melegenda di Nusantara karena prestasi besarnya sebagai tokoh pertama yang berhasil mempersatukan Nusantara menjadi national state di bawah pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Tokoh Gajah Mada menjadi kunci puncak kejayaan Majapahit, tentu saja ia menjalani masa pertumbuhan dalam kariernya. Gajah Mada tidak langsung menduduki Patih Amangkubumi Majapahit, tetapi ia merintis karier dari jabatan rendah sebagai bekel pasukan Bhayangkara. Gajah Mada mengalami tiga era kepemimpinan, yaitu Jayanagara, Tribhuwana Wijaya Tunggadewi, dan Hayam Wuruk.

Di era Raja Hayam Wuruk yang agung, Gajah Mada mengucap Sumpah Palapa yang menjadi manifestasi dari sistem politik untuk mempersatukan Nusantara. Selain itu, kemahiran Gajah Mada dalam pelaksanaan program politik penyatuan Nusantara, politik pemerintahan, dan politik pembangunan Majapahit. Tetapi ada juga kegagalan program politik Gajah Mada yaitu dalam Perang Pasunda-Bubat.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous