Desain Laboratorium Skala Mini Untuk Pembelajaran Sains Terpadu

Collection Location perpustakaan akmil
Edition
Call Number 542.1 SRI d
ISBN/ISSN 9786024010577
Author(s) Sri Fatmawati
Subject(s) sains
Classification 542.1
Series Title
GMD BUKU
Language Indonesia
Publisher Penerbit Deepublish
Publishing Year 2015
Publishing Place Yogyakarta
Collation 25cm;x;87hal
Abstract/Notes Pembelajaran sains sejatinya merupakan pembelajaran terpadu yang berkenaan dengan peristiwa yang terjadi di alam dan sekitarnya.
Pembelajaran tersebut menekankan bagaimana pembelajar memahami berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar berserta solusinya. Sebagai contoh, pembelajar menyadari adanya masalah pencemaran udara serta bahayanya, maka diharapkan pembelajar dapat memikirkan solusi untuk penanggulangan pencemaran tersebut.

Pembelajar tidak hanya memerlukan teori, namun juga aktivitas nyata di laboratorium. Oleh karena itu, adanya laboratorium sangat signifikan untuk mendukung pembelajaran sains yang terarah dan terpadu.

Dalam implementasinya, berbagai permasalahan yang terkait sains dapat diselesaikan dalam laboratorium. Laboratorium adalah tempat dimana seseorang melakukan riset ilmiah, pengukuran atau pelatihan ilmiah. Kebutuhan sarana laboratorium dari berbagai disiplin ilmu akan menjadi efektif apabila dilakukan secara terintegrasi.

Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang terintegrasi adalah STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). STEM memungkinkan pembelajar untuk mempelajari konsep akademik secara tepat dengan menerapkan 4 disiplin ilmu yaitu, Sains, Teknologi, Keahlian Teknik dan Matematika.

Buku ini disusun sebagai salah satu tanggung jawab dan cinta kami dalam Pusat Studi Sains Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Kami berharap bahwa buku ini dapat membantu serta menjadi kawah candradimuka untuk para guru sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia, dalam mendesain praktikum di sekolah yang berbasis sains terpadu.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous