Abstract/Notes |
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya petrusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang diantaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, social, dan lingkungan. Oleh karen aitu, CSR berhubungan erat denganb pembangunan berkelanjutan yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak social dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu , baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih Panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negative dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya. Bab pertama berisikan dasar CSR mulai dari definisi teori dan konsep, kemudian model, standar, manfaat, dan tahapan pelaksanaan CSR. Bab dua tentang pengertian komunikasi, bentuk, dan fungsinya. Bab tiga tentang hubungan CSR dengan public relation, bab empat tentang cara menciptakan pesan melalui CSR, bab lima tentang media enggagement saat CSR, bab enam tentang mengkomunikasikan CSR lewat pers, bab tujuh tentang corporate social initiatives sebagai bentuk CSR, bab delapan tentang cyber public relation, bab sembilan tentang CSR dan karyawan millenials sebagai target audience, bab sepuluh tentang membuat strategi people, planet, dan profit, bab sebelas dan duabelas tentang studi kasus. |